Senin, 29 Desember 2014

Pengendalian Emosi, Aspek Psikologis Penting Lainnya dalam Futsal

Aspek psikologis atau mental memang penting dalam olahraga futsal, selain berpikir positif, motivasi dan kepercayaan diri. Karena pemain yang memiliki masalah dengan emosi dan konsentrasi hanya akan mengacaukan permainan dan rekan pun akan kehilangan kepercayaan. Di lain pihak pelatih pun akan selalu mengingatkan pemainnya selama bertanding atau bahkan jiak tidak ada perubahan dijamin pemain seperti itu akan digantikan pemain lain.
Dengan dua masalah tersebut strategi yang diterapkan pelatih tidak akan berjalan, bahkan cenderung membuat kacau strategi yang telah di instruksikan pelatih.
Peranan pelatih diperlukan dalam pengendalian emosi pemain
Emosi dalam diri pemain futsal menyangkut sikap dan perasaan pemain secara pribadi terhadap diri sendiri, rekan, pelatih maupun hal-hal lain di sekelilingnya. Bentuk-bentuk emosi yang biasanya terdapat pada tiap orang seperti senang, sedih, marah, cemas, takut, dan sebagainya.
Pengendalian emosi dalam pertandingan futsal seringkali menjadi faktor penentu kemenangan. Para pelatih harus mengetahui dengan jelas bagaimana gejolak emosi pemain asuhannya, bukan saja dalam pertandingan tetapi juga dalam latihan dan kehidupan sehari-hari. Pelatih perlu tahu kapan dan hal apa saja yang dapat membuat pemainnya marah, senang, sedih, takut, dan sebagainya. Dengan demikian pelatih perlu juga mencari data-data untuk mengendalikan emosi para pemain asuhannya tersebut, yang tentu saja akan berbeda antara pemain yang satu dengan pemain lainnya. Dengan begitu pelatih bisa mempersiapkan langkah yang diambil untuk mengatasi problem tersebut.
Gejolak emosi hanya akan berakibat buruk
Gejolak emosi dapat mengganggu keseimbangan psikofisiologis seperti gemetar, sakit perut, kejang otot dan sebagainya. Dengan terganggunya keseimbangan fisiologis maka konsentrasi pun akan terganggu, sehingga pemain tidak dapat tampil maksimal. Seringkali seorang pemain mengalami ketegangan yang memuncak hanya beberapa saat sebelum pertandingan dimulai dan bisa dipastikan pemain tersebut tidak akan dapat bermain dengan baik. Konsentrasinya akan buyar, strategi yang sudah disiapkan tidak dapat dijalankan, bahkan dia tidak tahu harus berbuat apa.
Konsentrasi penuh dibutuhkan saat bertanding
Konsentrasi merupakan suatu keadaan di mana kesadaran seseorang tertuju kepada suatu obyek tententu dalam waktu tertentu. Makin baik konsentrasi seseorang, maka makin lama ia dapat melakukan konsentrasi. Dalam olahraga, konsentrasi sangat penting peranannya, dengan berkurangnya atau terganggunya konsentrasi pemain pada saat latihan, apalagi pertandingan, maka akan timbul berbagai masalah. Dalam olahraga futsal, masalah yang paling sering timbul akibat terganggunya konsentrasi adalah berkurangnya akurasi lemparan, operan, tendangan & tembakan sehingga tidak mengenai sasaran.
Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah minum air putih yang cukup saat berolahraga futsal, karena seperti yang diketahui kekurangan cairan dalam tubuh akan mengurangi konsentrasi dalam beraktifitas terutama olahraga. Pelatih harus selalu menganjurkan para anak asuhnya agar selalu memenuhi asupan cairan dengan cukup.

0 komentar:

Posting Komentar