Senin, 01 Desember 2014

Melawan Kecanduan Merokok dengan Konsumsi Omega 3



Dewasa ini kebiasaan merokok sudah menimpa banyak kalangan, dari orang dewasa bahkan sampai anak-anak pun sudah banyak yang terjangkit kebiasaan jelek tersebut. Jangankan orang biasa pada umumnya, olahragawan atau orang yang gemar olahragapun banyak yang seperti itu. Sudah banyak penelitian kesehatan yang membuktikan bahwa merokok mampu menurunkan kesehatan tubuh baik secara fisik maupun mental.
Alangkah baiknya segera menghentikan kebiasaan buruk ini secepatnya, baik olahragawan maupun untuk kebanyakan orang. Namun yang menjadi masalah, menghentikan kebiasaan merokok tidaklah semudah membalikan telapak tangan, apalagi jika sudah mengalami kecanduan.

Menilik kasus olahragawan
Banyak atlet atau olahragawan yang kadung kecanduan merokok, di Indonesia khususnya masih sangat banyak ditemui hal seperti itu. Mereka bukan tidak tahu bahayanya, namun sudah kadung kecanduan dan bukan perkara gampang untuk berhenti. Bahkan sering terjadi dalam dunia olahraga setelah selesai olahraga langsung dilanjutkan dengan aktifitas merugikan tersebut.
Contoh kasus yang sering terjadi, ada sebagian pemain futsal atau sepakbola baik dalam kompetisi atau bermain biasa bersama rekan. Setelah beres bermain mereka tidak canggung untuk langsung merokok, bahkan tanpa didahului asupan cairan terlebih dahulu. Dengan kasus seperti itu, niatan menyehatkan tubuh akan terkesan sia-sia jika dilanjutkan dengan kebiasan jelek tersebut.

Konsumsi Omega 3 bisa membantu melawan kecanduan
Sebuah penelitian terbaru menemukan cara mudah dan alami untuk hentikan kebiasaan merokok. Cara tersebut adalah dengan mengonsumsi minyak ikan atau makanan yang tinggi akan asam lemak omega 3.
“Konsumsi asam lemak omega 3 dapat membuat pikiran menjadi lebih rileks dan tenang. Sementara seperti yang banyak diketahui, bahwa seseorang merokok karena dia mengalami tekanan atau stres di dalam pikirannya. Dengan konsumsi asam lemak omega 3 ini, pikiran menjadi lebih tenang dan terhindar dari keinginan untuk merokok,” jelas Dr Sharon Rabinovitz Shenkar, dari University of Haifa.
Penelitian mengambil sampel 48 peserta yang merokok selama 11 tahun dan mengonsumsi 14 batang rokok sehari. Kemudian mereka diberikan kapsul yang mengandung minyak ikan untuk dikonsumsi 5 kali sehari selama 30 hari, hasilnya, konsumsi rokok mereka menurun hingga 50%.

Kekurangan Omega 3 merusak struktur sel saraf
Kekurangan asam lemak omega 3 dapat menyebabkan kerusakan struktur sel-sel saraf dan mengganggu komunikasi antar saraf di daerah otak yang terlibat dalam perasaan kesenangan atau kepuasan.
Untuk mencegah hal tersebut, segera penuhi kebutuhan omega 3 dengan mengkonsumsi makanan seperti,  ikan tuna, salmon, makarel, dan sarden.  Namun tentu sebaiknya pilih ikan yang masih segar, bukan ikan kalengan atau olahan, serta ikan yang lebih sedikit mengandung mineral. Sumber lain dari omega-3 adalah susu hemp dan kefir yang tampaknya masih jarang ditemukan di Indonesia, kacang, biji-bijian dan minyak zaitun.

Semoga dengan cara mudah seperti ini futsalover yang sudah kadung kecanduan bisa menghentikan kebiasaan buruk tersebut. (sumber)

0 komentar:

Posting Komentar