Senin, 08 Desember 2014

Efek Ekstrim Dehidrasi yang Membahayakan Tubuh



Dehidrasi merupakan kondisi dimana tubuh mengalami kekurangan cairan. Dehidrasi bisa disebabkan karena tubuh kita kurang asupan cairan ataupun disebabkan pengeluaran cairan dari tubuh banyak namun tidak diimbangi asupan cairan yang seimbang. Pengeluaran cairan dalam tubuh manusia bisa terjadi lewat pembuangan cairan seperti lewat air seni, keringat dan lainnya. Dengan komposisi tubuh manusia yang hampir 70% terdiri dari air, bisa dipastikan bahwa ketika tubuh menderita dehidrasi, maka seluruh organ tubuh tidak bisa berfungsi dengan maksimal.
Pembuangan cairan melalui keringat seperti yang terjadi saat olahraga, jumlahnya pasti akan sangat banyak. Terlebih dengan olahraga futsal yang intensitas gerakan dan mobilitas yang tinggi, dipastikan keringat akan mengucur deras. Sebenarnya apapun penyebabnya, dehidrasi pasti akan membawa akbat yang merugikan dan membahayakan tubuh.

Nampak ringan, sembelit dan sakit kepala jangan diabaikan
Ketika tubuh kekurangan air, maka otomatis usus menjadi kekurangan cairan dan sembelit pun terjadi. Akibatnya buang air besar akan menjadi sulit dan jika terjadi secara berkepanjangan maka mampu menyebabkan pendarahan dan wasir. Sama halnya dengan usus, otak pun membutuhkan cairan agar bisa berfungsi dengan baik, ketika dehidrasi menyerang maka akan mengakibatkan sakit kepala dari ringan hingga parah.

Kram otot bahkan bisa sampai kejang
Tubuh membutuhkan cairan untuk kelancaran fungsi otot, dengan jumlah cairan tubuh yang tepat, maka terjadi pula pelumasan yang tepat. Namun ketika mengalami dehidrasi maka pelumasan ini berkurang bahkan hilang, itulah yang menyebabkan terjadinya kram otot. Kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi akan mengakibatkan jumlah elektrolit dalam tubuh tidak seimbang. Hal ini akan membuat kontraksi otot terjadi lebih sering dan dalam kasus ekstrim akan membuat kepala pusing dan kejang.

Yang terparah menyebabkan gagal ginjal dan koma
Ginjal merupakan organ tubuh yang sangat penting karena bermanfaat untuk menyaring serta membuang racun dalam tubuh. Ketika tubuh mengalami dehidrasi, otomatis ginjal tidak bisa berfungsi dengan baik dalam menyaring dan membuang racun yang menyebabkan komplikasi dalam tubuh lebih lanjut.
Koma merupakan efek dari dehidrasi yang mungkin terdengar sangat ekstrim. Namun hal ini bisa saja terjadi jika gejala dehidrasi tidak ditanggulangi dengan baik atau bahkan cenderung diabaikan. Sehingga seluruh organ tubuh tidak bisa berfungsi dengan baik dan menyebabkan koma.

Air memegang peranan penting dalam kehidupan dan kesehatan tubuh. Oleh karena itu selalu pastikan bahwa asupan cairan ke dalam tubuh setiap hari cukup sehingga bisa terhindar dari dehidrasi. Terlebih jika melakukan aktifitas berat yang menguras tenaga seperti olahraga. (sumber)

0 komentar:

Posting Komentar