Senin, 01 September 2014

Waktu Tepat untuk Olahraga



Kapan waktu terbaik untuk berolahraga? pagi, siang, sore atau malam? Beberapa di antara kita kerap tidak paham kapan semestinya melakukan olahraga. 
Mengutip laman Womenshealthmag, Senin (16/6/2014), Profesor ilmu olahraga terapan di University of New England, Lara Carlson, Ph.D., mengatakan bahwa jika Anda ingin menurunkan berat badan atau meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, olahragalah di pagi hari.
"Untuk menurunkan berat badan, dianjurkan untuk olahraga di pagi hari. Tapi olahraga sore hari juga ada manfaatnya, yaitu untuk mengontrol tekanan darah dan mendapatkan tidur yang lebih baik disarankan olahraga sore hari atau sebelum tidur. Karena saat tidur, tubuh akan mengalami perbaikan dan juga mengurangi stres, yang dapat memengaruhi berat badan," katanya.

Sebuah studi 2010 yang diterbitkan dalam jurnal Chronobiology International juga pernah menganalisis peran jam internal tubuh pada kinerja atletik. Para peneliti menenemukan, suhu tubuh dan lingkungan meningkat di sore hari, begitu juga aktivitas enzim dan fungsi otot, sehingga Anda dapat berolahraga pada pukul 14:00-18:00 (sumber)

0 komentar:

Posting Komentar